Rabu, 04 November 2015

ALTIMETER (basic)

 
Altimeter adalah suatu instrumen yang dipakai untuk mengetahui ketinggian pesawat terhadap suatu landasan atau tinggi pesawat terhadap permukaan laut.
Altimeter atau pengukur tinggi yang kita bicarakan dikenal dengan nama barometer altimeter atau pressure altimeter. Pressure altimeter sebetulnya adalah sebuah barometer atau pengukur tekanan atau pengukur perbedaan tekanan yang hasil pengukurannya dinyatakan dalam satuan panjang bukan dalam satuan tekanan (feet).
Untuk dapat menggunakan altimeter dengan baik adalah penting untuk mengetahui prinsip bekerjanya dan efek dari pada tekanan barometrik pada altimeter.


PRINSIP KERJA

 
Udara adalah lebih padat dipermukaan bumi dari pada udara di atasnya Apabila ketinggiannya makin bertambah maka tekanan udaranya makin berkurang.
 
Tekanan udara yang berbeda-beda pada tinggi yang berlainan ini dipakai pada altimeter untuk menunjukkan perubahan tinggi.Jadi secara sederhana altimeter ini sesungguhnya adalah sebuah barometer logam (aneroid barometer) yang pembacaannya tidak dalam satuan tekanan tetapi dalam feet.Pembacaan instrumen ini terpengaruh juga oleh perubahan tekanan di tanah yang disebabkan karena perubahan-perubahan keadaan atmosfir.Pada sensitive altimeter dilengkapi dengan suatu mekanisme untuk mengkoreksi kesalahan-kesalahan yang disebabkan karena perubahan tekanan ini.

 
KONSTRUKSI
 
 
Mekanismenya terdiri dari 3 buah kapsul logam (aneroid capsule) yang udara di dalamnya hampa (vacuum), sehingga mengembang atau mengempisnya kapsule hanya karena tekanan statik saja.Yang dipasang di dalam suatu rumah instrumen (instrument case) yang kedap udara (air tight).Dari rumah instrumen ini dihubungkan dengan atmosfir melalui lubaug stlatik (statik vent atau statik head).
 
Seperti kita ketahui makin tinggi suatu tempat, tekanan udaranya adalah makin kecil, yang berarti makin tinggi pesawat itu terbang maka kapsulnya makin mengembang.
 
 
Pengembangan dari kapsule diteruskan melalui sebuah tuas dimana tuas ini pada satu ujungnya dihubungkan pada rocking shaft sehingga berputar.Rocking shaft ini memutar gear-gear yang dihubungkan dengan 3 buah jarum penunjuk (pointer). Sebuah jendela kecil pada sebelah kanan terlihat skala barometrik yang terbaca dalam inch Hg yang dihubungkan dengan roda-roda gigi ke zero setting knob. Penampung dari altimeter dapat dilihat pada gambar .
 
Untuk mengkompensir kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh karena perubahan temperatur yang mempengaruhi kapsul dan mekanisme pada altimeter digunakan bi-metalic strip atau bi-metallic u-spring. Bi-metallic u-spring adalah per dengan bentuk huruf U dan dibuat dari lapisan yang berasal dari dua logam yang berbeda koeffisien muainya, sehingga bila terjadi perubahan suhu maka mulut huruf U akan makin terbuka atau makin tertutup.
 
 
MEMBACA ALTIMETER
 
Untuk membaca altimeter, maka altimeter dilengkapi dengan 3 buah jarum penunjuk.Dalam satu kali putaran jarum pendek menunjukkan puluhan ribuan dan jarum panjang menunjukkan ratusan.
 
 
 
JENIS KETINGGIAN (ALTITUDE)
 
  • Indicated altitude adalah tinggi yang dibaca dari altimeter.
 
  • Pressure altitude adalah tinggi yang dibaca dari altimeter apabila skala barometrik di set pada 29,92 in.Hg atau 1013 m.b.
 
  • Density altitude adalah pressure altitude yang telah dikoreksi terhadap suhu.
  • True altitude adalah tinggi pesawat terhadap permukaan laut (sea level).
  • Absolute altitude adalah tinggi pesawat terhadap suatu dataran.


ALTIMETER ERRORS
 
  • Instrumen errors adalah kesalahan yang disebabkan usia atau umur dari altimeter, makin tua usia altimeter makin tidak elastis kapsul-kapsulnya, dan makin besar instrumen errornya. Besarnya kesalahan tidak boleh melebihi +3 feet atau -45 feet pada permukaan laut.
 
  • Position error atau installation eror adalah kesalahan yang disebabkan pitot tube tidak menghadap ke arah airflow dan tekanan dinamis yang memasuki static vent atau static holes.
  • Lag error atau hysterisis error adalah kesalahan yang disebabkan oleh terlambatnya tekanan dalam rumah instrumen untuk menyesuaikan diri dengan tekanan atmosfir.
  • Barometris erroradalah kesalahan yang disebabkan karena tekanan-tekanan di dalam atmosfir tidaklah sama dengan tekanan-tekanan pada standar atmosfir atau pressure lapserate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar