Dalam upaya untuk meningkatkan keselamatan operasi yang lebih complicated pada pesawat terbang, telah dimasukkan komputer dan sistem komputer. Flight and engine instrument dan pemantauan badan pesawat adalah sangat cocok dan keuntungan dari penggunaan komputer ini sangat membantu mengurangi kerumitan panel instrumen dan memfokuskan perhatian pilot hanya pada hal-hal paling penting .
" "Glass cockpit"" adalah istilah yang mengacu pada penggunaan instrument panel layar datar di kokpit . Pada kenyataannya , juga mengacu pada penggunaan gambar komputer yang diproduksi yang memiliki diganti pengukur mekanis individu. Selain itu , komputer dan sistem komputer memantau proses dan komponen dari sebuah pesawat operasional di luar kemampuan manusia sambil menghilangkan stres pilot dari keharusan untuk melakukannya .
Komputerisasi sistem instrumen penerbangan elektronik memiliki manfaat tambahan . Solid-state sifat komponen meningkatkan keandalan .Juga , mikroprosesor , bus data, dan LCD semua menghemat ruang dan berat . Sistem berikut telah dikembangkan dan digunakan pada pesawat untuk nomor tahun . Sistem baru dan arsitektur komputer yakin untuk datang di masa depan .
Sebuah EHSI menyajikan informasi navigasi untuk seluruh penerbangan.pilot dapat memilih mode dalam fase penerbangan tertentu mulai dari navigation planning ke instrument approach to landing. MAP mode digunakan selama penerbangan
Approach and VOR mode presentation of an electronic horizontal situation indicator
Electronic Flight Instrumen System ( EFIS )
Instrumen penerbangan adalah yang pertama untuk mengadopsi komputer teknologi dan memanfaatkan layar datar, multifunctional displays ( MFD ) . EFIS menggunakan sinyal generator untuk menggerakkan dua menampilkan independen di tengah T. dasar Sikap Indikator dan gyro directional digantikan oleh cathode raytubes ( CRT ) digunakan untuk menampilkan presentasi EADI dan EHSI .
Instrumen ditingkatkan beroperasi bersama biasa mekanik dan listrik instrumen dengan integrasi yang terbatas .Namun , EADI dan teknologi EHSI sangat diinginkan , mengurangi beban kerja dan memindai panel dengan keamanan tambahan yang disediakan oleh integrasi informasi navigasi seperti yang dijelaskan . Sistem EFIS awal memiliki teknologi analog , sementara baru model mungkin sistem digital . Sinyal generator menerima informasi dari sikap dan peralatan navigasi .melalui pengontrol layar , pilot dapat memilih berbagai modus atau fitur layar yang ingin ditampilkan . independen percontohan berdedikasi dan sistem kopilot normal . Yang ketiga, Generator simbol cadangan tersedia untuk mengasumsikan operasi harus salah satu dari dua unit utama gagal.Penggambaran Elektronik ADI dan informasi HSI inti Tujuan dari sistem EFIS .Ukuran diperluas dan kemampuan lebih dari alat pengukur tradisional memungkinkan untuk integrasi lebih Data instrumen penerbangan. Sebuah skala kecepatan udara vertikal biasanya ditampilkan hanya meninggalkan bidang sikap . Hal ini sama posisi relatif sebagai indikator kecepatan udara di dasar analog T panel instrumen . Di sebelah kanan bidang sikap , banyak Sistem EFIS menampilkan ketinggian dan skala kecepatan vertikal
Karena sebagian EFIS EADI penggambaran termasuk inklinometer tersebut , biasanya bagian dari pergantian koordinator , semua penerbangan dasar instrumen digambarkan oleh layar EFIS . [ Gambar dibawah ]
An EFIS EADI displays an airspeed scale to theleft of the horizon sphere and an altimeter and vertical speed scaleto the right. The slip indicator is the small rectangle under thedirection triangles at the top. This EFIS display presents all of theflight information in the conventional cockpit basic T.
A simplified diagram of an EFIS system. The EADI and EHSI displays are CRT units in earlier systems. Modern systems use digital displays, sometimes with only one multifunctional display unit replacing the two shown. Independent digital processors can also be located in a single unit to replace the three separate symbol generators
Tidak ada komentar:
Posting Komentar