Rabu, 04 November 2015

PITOT STATIC SYSTEM

Pitot static system adalah salah satu system yang akan selalu bagian dari suatu pesawat udara, mulai dari pesawat yang sederhana (kecil) sampai pesawat yang besar atau modern. Pengertian akan dasar-dasar bekerjanya system ini sangat penting untuk seorang ahli teknik pesawat udara, terutama dalam mencari sebab-sebab kerusakan yang terjadi pada system ini. Kekurang mengertian akan cara-cara bekerja dari pitot static system akan dapat mengakibatkan kesulitan dalam melakukan perawatan atau perbaikan. Sistem pitot static terdiri dari :
  • Pitot tube
  • Static vent
  • Altimeter
  • Air Speed Indicator
  • Vertical Speed Indicator
  • Machmeter ( untuk pesawat supersonic )

Gambar Menunjukan diagram dari suatu dasar system pitot static, pitot static tube dihubungkan dengan air speed indicator, altimeter, vertical speed indicator oleh pitot line dan static line yang dilengkapi dengan drain yang berfungsi untuk membuang kotoran yang ada pada pitot line maupun static line.
 
  1. Pitot head atau Pitot Tube
 Gambar Konstruksi pitot head
 
Kata pitot berasal dari penemunya seorang berkebangsaan perancis yang bernama Henry Pitot.
Pitot tube disebut juga pitot head atau pressure head, jenis-jenis tekanan yang ada pada pitot head adalah pitot pressure dan static pressure.

Pitot pressure : disebut juga tekanan dinamis/ dinamis pressure, ram pressure, impact pressure yaitu tekanan udara pada suatu bidang yang disebabkan oleh bergeraknya bidang tersebut diudara.

Static pressure : tekanan udara pada ruang terbuka
 
Gambar: contoh Pemasangan Pitot Head
 
Pada gambar Merupakan gambar konstruksi dalam pitot head, dimana terdapat lobang dibagian depan dengan menghadap langsung arah aliran udara yang akan menghasilkan tekanan dinamis/ pitot pressure, dan lobang static yaitu lobang yang akan menghasilkan tekanan static, lobang ini berada dibagian samping dari pada pitot head, dan tidak menghadap langsung arah aliran udara. Pitot head dilengkapi pula dengan alat pemanas (heating element) yang berfungsi untuk menghilangkan es disekeliling pitot head sehingga lobang-lobang yang ada tidak tertutup es, gambar adalah bentuk dari pitot head , bentuk pitot head ini disesuaikan dengan dimana pitot head tersebut akan dipasang.
 
 
   2. Static Vent

 Gambar lokasi static vent

 
Bila tekanan statis (static pressure) atau tekanan atmosfir (atmospheric pressure) didapat melalui lobang-lobang statis (static hole) pada pitot head maka akan ada udara dengan tekanan dinamis yang masuk melalui lobang-lobang tersebut yang tetunya mengakibatkan kesalahan-kesalahan dalam pengukuran karena tidak murninya tekanan statis. Hal ini dapat terlihat pada gambar , menunjukkan lokasi static vent pada pesawat , Static vent pada gambar tersebut umumnya berbentuk "metal vent plate ".
 
Sebelum terbang maka penerbang harus memeriksa static vent.Lobang ini harus selalu terbuka. Bila karena sesuatu hal lobang statis atau saluran-saluran statis (static line) tertutup atau tersumbat pada waktu pesawat sedang terbang (hal ini ditandai dengan tidak berfungsi altimeter dan vertical speed indicator) maka penerbang dapat memilih sumber tekanan statis cadangan (alternate static source), seperti yang dapat dilihat pada gambar

Dalam pesawat misalnya cabin penumpang yang tidak pressurized juga dilengkapi dengan knob perubah (selector valve) yang diletakkan pada kokpit. Sistem cadangan ini menimbulkan kesalahan-kesalahan yang lebih besar dari yang normal Disebabkan karena tekanan di dalam pesawat lebih rendah dari tekanan atmosfir, karena venturi effect dari bentuk pesawat. Tekanan statis cadangan (emergency static system) ini digunakan jika static vent tersumbat karena pembentukan es.
Gambar lokasi static vent dan pitot head
 
Untuk menghindari hal tersebut maka static holes tidak lagi berada pada pitot head melainkan dipisahkan dan umumnya berada disamping tubuh pesawat (fuselage) static holes yang demikian cara penempatannya lazim disebut static vent..Cara untuk memperoleh tekanan atmosfir dengan meuggunakan static vent jauh lebih baik hasilnya dibandingkan menggunakan pitot head. Pada pesawat-pesawat kecil/ringan static vent dibuat sangat sederhana yaitu membuat lobang-lobang pada sisi samping (fuselage skin) dari tubuh pesawat .
 
 
  3. System Pemanas Pada Pitot Head


Pitot head dilengkapi dengan alat pemanas yang terbuat dari elemen pemanas yang diletakan dibagian dalam dari pitot head. Gunanya untuk mencegah tertutupnya lobang-lobang pipa pitot akibat adanya es gambar Adalah jenis dari pitot heater light and relay. Cara kerja rangkaian : bila control swtch di "ON" kan maka arus akan mengalir ke heater melalui coil akibatnya relay akan bekerja sehingga lampu indicator akan menyala, bila heater bekerja normal maka lampu warna amber (abu-abu) yang menyala, dan bila heater tidak bekerja secara normal atau rusak maka lampu warna merah yang menyala.
 
 
Air Data Computers (ADC) and Digital Air Data Computers (DADC)
Untuk pesawat yang lebih besar dengan performa tinggi , system pitot staticnya akan lebih rumit seperti ini :   
 
 
 
Pesawat yang sering beroperasi pada ketinggian sangat tinggi di mana suhu bisa melebihi 50 ° F di bawah nol .tekanan udara juga berubah pada kecepatan tinggi dan pada ketinggian yang sangat tinggi. Aliran udara di sekitar badan pesawat akan berubah, sehingga tekanan statis yang masuk akan sulit dan tidak konstant .Pilot harus mengimbangi semua faktor suhu udara dan density untuk mendapatkan penunjukan yang akurat dari instrumen . Sementara banyak instrumen analog telah ditambahkan perangkat kompensasi kedalam alat tersebut , penggunaan Air Data Computer ( ADC ) adalah umum untuk tujuan ini pada pesawat hight perfomance . Selain itu pesawat modern menggunakan Digital Air Data Computer ( DADC ) . sensor tekanan udara dikonversi ke nilai-nilai digital yang membuat mereka lebih mudah diolah oleh komputer untuk output informasi yang akurat.
 
Teledyne’s 90004 TAS/Plus air data computer (ADC) menghitung informasi air data dari pitot-static, pneumatic syatem, aircraft temperature probe dan barometric correction device untuk membantu menciptakan kondisi penerbangan yang jelas

Pada dasarnya , semua tekanan dan suhu yang ditangkap oleh sensor dimasukkan ke ADC . Unit Analog memanfaatkan transduser untuk mengubah nilai-nilai ini ke besaran listrik dan memanipulasi mereka di berbagai modul yang berisi sirkuit dirancang untuk membuat kompensasi yang tepat untuk digunakan oleh instrumen yang berbeda dan sistem . DADC biasanya menerima data dalam format digital .Sistem yang tidak memiliki output sensor digital akan mengkonversi input menjadi sinyal digital melalui analog-to-digital converter. Konversi dapat berlangsung dalam komputeratau di unit terpisah yang dirancang untuk fungsi ini . Kemudian, semua perhitungan dan kompensasi dilakukan secara digital oleh komputer . Output dari ADC adalah listrik untuk menggerakkan motor servo atau untuk digunakan sebagai input dalam sistem bertekanan , unit kontrol penerbangan , dan sistem lainnya . Output DADC yang didistribusikan ke sistem ini sama dan layar kokpit menggunakan bus data digital . Ada banyak manfaat menggunakan ADC .penyederhanaan jalur pipa pitot - static menciptakan lebih ringan , sederhana , sistem dengan koneksi yang lebih sedikit , sehingga kurang rentan terhadap kebocoran dan lebih mudah untuk mempertahankan . Satu kali perhitungan kompensasi dapat dilakukan di dalam komputer , menghilangkan kebutuhan untuk membangun perangkat kompensasi ke berbagai instrumen individu atau unit sistem menggunakan data udara. DADCs dapat menjalankan jumlah cek untuk memverifikasi masuk akal dari data yang diterima dari sumber apapun pada pesawat.
 
Dengan demikian , kru dapat diberitahu otomatis dari parameter yang luar biasa . Ubah ke sumber data alternatif juga bisa otomatis sehingga dek penerbangan yang akurat dan sistem operasi yang terus menerus dipertahankan. Secara umum, teknologi solid-state lebih handal dan unit modern kecil dan ringan .Gambar menunjukkan skema bagaimana DADC tersambung ke pitot -statis dan sistem pesawat.

ADCs menerima inputan dari pitot-static sensing devices dan memprosesnya untuk digunakan dibeberapa system pesawat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar