Rabu, 04 November 2015

VERTICAL SPEED INDICATOR (basic)

Vertical speed indicator atau rate of climb indicator adalah salah satu dari ketiga instrumen yang termasuk dalam group pitot-statik flight instrumen.Instrumen ini dipakai untuk mengetahui kecepatan naik/turun dan kecepatan vertical dari pesawat, diukur dalan satuan feet per menit.
 
 
KONSTRUKSI
 
Vertical speed indicator mempunyai konstruksi yang terdiri dari 3 bagian utama yaitu, sebuah diafragma (kapsul), indicating element dan metering unit kapsul atau diafragma berada di dalam sebuah kotak atau rumah instrumen yang kedap udara, dan dibuat dari bahan yang tidak mudah terpengaruh oleh perubahan suhu udara luar.
 
Rumah instrumen dihubungkan dengan tekanan udara.luar atau atmosfir oleh pipa statis dan pipa kapiler (capillary tube) melalui sebuah lubang pengontrol. Lubang pengontrol ini kadang-kadang dinamakan "Metering unit atau restricted chore". Sedang tekanan udara luar (atmosphere pressure) dapat masuk langsung kebagian dalam dari diafragma rnelalui lubang statis (static vent), pipa statis
 
Jarum (pointer) akan horizontal atau pada posisi "jam 9" pada saat pesawat terbang mendatar (straight and level flight), juga merupakan titik nol dari V.S.I. jarum akan bergerak ke atas pada waktu posisi pesawat terbang naik (climbing) dan akan bergerak ke bawah pada waktu posisi pesawat terbang turun (descending).
 
 
 
PRINSIP KERJA
 
Instrumen ini mengukur secara sensitif perbedaan tekanan atmosfir yang disebabkan karena kecepatan perubahan tinggi. Apabila tinggi pesawat berubah maka tekanan statiknya akan berubah juga; tekanan di dalam diafragma akan berubah lebih cepat dari pada tekanan dalam rumah instrument sehingga diafragma akan bergerak.
 
Bila pesawat terbang mendatar (level flight) maka tekanan di dalam kapsul akan sama dengan atmosfir. Apabila pesawat naik, maka tekanan di dalam diafragma akan berubah lebih cepat dari pada tekanan di dalam rumah instrumen sehingga diafragma akan mengempis.
 
Demikian sebaliknya bila pesawat bergerak turun maka tekanan di dalam kapsul akan cepat menyesuaikan diri dengan tekanan atmosfir, sedang tekanan di dalam rumah instrumen akan lebih lambat menyesuaikan karena hubungan ke atmosfir harus melalui jalan yang sempit (lubang pengontrol) sehingga tekanan didalam diafragma lebih besar dan diafragma akan mengembang. Selama pesawat masih bergerak naik atau turun maka selama itu akan terdapat perbedaan tekanan antara diafragma dan rumah instrumen. Makin cepat pesawat naik atau turun akan makin besar perbedaan tekanan tersebut. Bila pesawat berhenti naik atau turun, dengan perkataan lain terbang mendatar kembali, maka perbedaan tekanan tersebut akan segera hilang, karena kedua ruangan yaitu diafragma dan rumah instrumen saling berhubungan. Perbedaan tekanan inilah yang menyebabkan diafragma / kapsul mengembang dan mengempis,pengembangan dan pengempisan diafragma akan diteruskan melalui sebuah tuas yang kemudian akan memutarkan sebuah rocking shaft. Rocking shaft ini akan memutarkan sektor yang bergigi, yang selanjutnya mutarkan hand shaft dan jarum penunjuk (pointer).
 
 
Mekanisme penunjukan V.S.I. dengan posisi pesawat terbang mendatar, turun dan naik ditunjukkan pada gambar
 
Kelemahanrate-of-climb mekanismeseperti yang dijelaskanadalahbahwa adaketerlambatandarienam sampai sembilandetik sebelumperbedaantekanan yang terjadi kembali stabil .instantaneous vertical speed indicator (IVSI) memiliki mekanisme sedemikian rupa untuk mengurangiketerlambatanini. Kecil, ringandashpotbermunculan, ataupiston, bereaksi terhadap perubahan ketinggian menanjak tiba-tiba atau menurun. Sebagai accelerometer kecil ini melakukannya, memompa udara masuk atau keluar dari diafragma, mempercepat pembentukan perbedaan tekanan yang menyebabkan indikasi yang tepat.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar